G 30 S Sumbar

Assalamu’alaykum wr wb

Bung Wino saat meninjau jalan putus di daerah Padang Alai Koto Malalak

Banyak literatur dan bukti sejarah bangsa ini yang sama sekali tak mengarah pada pembuktian bahwa Ranah Minang atau Sumatera Barat pernah disusupi ideologi komunis atau aktivitas partai tertentu. Provinsi yang terletak di pinggir Samudra Hindia ini memiliki ibukota yaitu Padang. Saya tahu kalian tahu. Saya hanya ingin memperpanjang paragraf pembuka demi kualitas tulisan ini. Lagi.

Hari ini tepat 2 tahun peringatan bencana alam gempa bumi yang terjadi di Sumatera Barat pada sore hari tanggal 30 September 2 tahun lalu. Teman-teman di Koprol mengingatnya lagi. Terutama komunitas @minangkops. Mereka “berjuang” membuat tag #2ThnGempaSumbar sedari pagi sambil menceritakan pengalaman mereka pribadi dalam prol. Terus menerus hingga pada sore muncullah Hot Tag tersebut. Yes..!! Dengan anggota yang tak sebanyak komunitas lain, akhirnya seluruh Indonesia akan melihat tag baru hari ini. Sebuah pelajaran hikmah dari kejadian alam 2 tahun lalu.

Kembali ke topik..

Saya mengajak teman-teman blogger, facebooker, koproller, tweep, netter dan semua pegiat dunia maya lain untuk berkenan mendoakan para korban dalam bencana alam gempa bumi yang melanda Sumbar tersebut..

Berikut linkfoto-foto G 30 S Sumbar yang sanggup saya perlihatkan.

Saya mungkin tak bercerita pengalaman pribadi saya disini, keluh kesah dan suka duka yang tercipta ketika saya pulang kampung, berjumpa keluarga dan menyaksikan kondisi penuh haru pada kejadian 2 tahun lalu itu. Sebaiknya kita harus mampu menggali hikmah dan makna dibalik cobaan tersebut.

*speechless*

*low crying now*

Wassalam

Love is Dangerous

Assalamu’alaykum wr wb

image: lolsigh

Betapa banyak orang mengalami penyakit cinta buta. Cinta buta itu tidak dapat membedakan antara kemuliaan dan kehinaan. Banyak mereka yang terkena penyakit cinta buta itu, terjatuh ke dalam kehidupan hina dina, tetapi mereka menyangka sebuah kemuliaan. Tak jarang pula mereka yang sudah terkena penyakit cinta buta itu, kehilangan kesadaran dan kehendak sucinya mengenal hakekat kebenaran sejati, Al-haq.
Mengobati cinta buta seseorang harus mengetahui bahwa yang menimpanya adalah sesuatu yang bertentangan dan menafikan tauhidnya kepada Allah. Manusia yang mengalami cinta buta harus menyadari bahwa ketika melakukan semuanya, karena kelalaian hatinya kepada Allah. Ia harus mengetahui dan menyadari untuk bertauhid kepada-Nya, sunnah-sunnah-Nya, dan bukti-bukti Allah.
Melakukan ibadah-ibadah lahir dan bathin, sehingga hati dan pikirannya senantiasa berpikir kepadanya ibadah kepada-Nya. Hendaklah ia memperbanyak kembali dan mendekatkan diri kepada Allah dengan penuh ketundukkan dan rendah diri. Tidak ada obat yang paling efektif daripada ikhlas hanya kepada Allah.
Allah menyebutkan di dalam Al-Qur’an :

“ Demikianlah, agar Kami memalingkan darinya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih”. (Yusuf : 24)

Penggambaran ayat diatas ini menjelaskan bahwa Allah memalingkan dan menjauhkan Yusuf dari kemungkaran isyq (cinta buta) dan kekejian dengan keikhlasannya. Tidak ada yang dapat menjauhkan kesesatan seseorang kecuali, hanya ketika ia dekat dengan Allah. Jika hati itu bersih suci dan memurnikan amanah hanya kepada Allah, maka idak mungkin orang akan terkena penyakit cinta buta. Cinta buta tidak akan bersemayam di hati seseorang yang selalu mengingat Allah. Sebab cinta buta hanya berada di dalam hati yang kosong. Seperti dikatakan seorang penyair :

“ Cintaku pada perempuan itu datang sebelum aku mengenal cinta, Ia datang ke hati yang kosong, kemudian bersaranglah ia ”.

Maka, hendaklah orang yang berakal mengetahui bahwa secara logika dan syariat dalam hidup ini, ia harus meraih kebaikan dan kemaslahatan atau melengkapinya dan menghindar dari mafsadah. Jika seseorang dihdapkan pada masalah yang ada kandungan masalahat dan mafsadah, maka ia harus memiliki dua prinsip.
Prinsip amali dan prinsip ilmiah.

Secara ilmiah mengharuskannya memiliki pengetahuan tentang mana yang lebih kuat segi maslahat atau mafsadahnya? Jika ia telah menemukan mana yang paling banyak masalahatnya, maka seseorang itu harus mengikuti yang palig banyak masalahatnya. Bukan justru mengikuti yang banyak mafsadahnya, meskipun secara pandangan mata, itu sangat baik bagi seseorang.

image: lolsigh

Seseorang harus memahami bahwa cinta buta itu, tidak ada sama sekali maslahatnya bagi manusia di dunia dan akhirat. Cinta itu dapat menimbulkan mafsadah bagi manusia dalam kategori yang sangat luas dalam kehidupan ini. Diantaranya :

Pertama , manusia akan disibukkan dengan mengingat-ingat makhluk dan mencintainya, dan dibandingkan dengan zikir dan cinta kepada Allah. Ketahuilah antara cinta dan zikir itu tidak mungkin menyatu dalam hati seseorang, karena keduanya akan bertarung dan akan menguasainya adalah yang paling kuat.

Kedua , hatinya tersiksa karena ma’syuqnya, dan barangsiapa yang mencintai selain Allah, ia akan tersiksa dengannya. Seorang penyair mengatakan :

“ Tak ada yang lebih sengsara di bumi daripada orang yang kasmaran,
Jika ia bertemu dengan orang yang dicintai ia senang,
Kau lihat ia menangis setiap saat,
Karena takut berpisah atau memendam rindu,
Ia juga menangis ketika erada disampingnya karena takut berpisah,
Air mata berlinang ketika berpisah,
Dan air matanya berlinang lagi ketika bertemu”.

Cinta buta, meski terkadang dinikmati oleh pelakunya, namn sebenarnya ia merasakan ketersiksaan hati yang paling berat.

Ketiga , Hatinya tertawan dan terhina dalam genggaman orang yang dicintainya. Namun, karena ia mabuk cinta, ia tidak merasakan musibah yang menimpanya.

“ Mata melihatnya ia hidup bebas, padahal hakikatnya ia tertawan,
Ia sakit dan berputar dalam lingkaran kutub,
Ia mati meski terlihat fisiknya hidup,
Ia tak punya hak untuk dibangkitkan lagi,
Hatinya hilang tersebut dalam kebodohan,
Ia tak akan kembali sampai mati”.

baca selengkapnya…..

Al Gore dan Perubahan Iklim

Assalamu’alaykum wr wb

image: time

Program online Al Gore disebut Realitas Iklim mencapai jutaan pengunjung. Kapan kita menghadapi kenyataan? Itu adalah pertanyaan Al Gore dalam 24 jam presentasi nya di seluruh dunia pada pemanasan global pekan lalu dalam sebuah program online yang disebut Realitas Iklim. Dalam pidato terakhir hari itu – disajikan secara pribadi di New York City – Gore menyampaikan upaya oleh industri bahan bakar fosil untuk menyebarkan keraguan tentang ilmu iklim. Dia mengikat ruam baru-baru ini yang menimbulkan bencana dahsyat – gelombang panas dan banjir dan badai – atas meningkatnya emisi karbon dan diprediksi kehancuran lebih lanjut tentang sebuah planet lebih cepat dimasa depan. Ia meminta pendengarnya yang lebih dari 8 juta pemirsa online untuk bertindak.

“Perubahan iklim benar-benar bukan masalah politik,” katanya. “Ini masalah manusia.”

Dengan kata lain: kita bangun dan mencium bau planet terbakar. Gore membuat konsensus ilmiah yang tampak lebih kuat daripada sebenarnya terutama pada hubungan antara peningkatan suhu dan kejadian cuaca ekstrem, yang masih berkembang. (Sebagai ilmuwan lingkungan Roger Jr Pielke mengatakan, model iklim sering berfungsi seperti “bercak tinta” – orang cenderung untuk membaca prasangka mereka sendiri ke dalam data.) Tapi Gore mendorong kasusnya dalam menghadapi kebingungan dan langsung “meletakkan ” pada banyak lawan-lawannya. Dan dia pada dasarnya adalah benar bahwa masa depan yang lebih hangat tidak terlihat baik, walaupun sedikit. Hanya sehari setelah peristiwa Realitas Iklim, peneliti mengumumkan bahwa penutup es laut Kutub Utara telah mencair ke level terendah kedua. Ingatlah bahwa perubahan iklim tidak peduli kepada politik dan akan terus berkembang walau kita percaya atau tidak.

baca selengkapnya…..

Terima Kasih telah Membajak Email Saya

Assalamu’alaykum wr wb

Mumet! Serangan fajar hari ini tertuju pada email saya. Alhasil saya ga bisa ngecek mailbox, sign ke Koprol dan Flickr dan tentu saja blog ini. Ya score sekarang jadi 2-2. Selamat ya hacker!

Dan Alhamdulillah…(tanpa yah) malam ini semua kembali normal. Ya setelah “berdarah-darah” karena saya harus memperbaikinya hanya lewat ponsel.

Pelajaran moral hari ini. Saya harus mampu mengambil hikmah. Sebab 4 hari yang lalu saya hampir saja menceramahi teman yang akun fb dihack.

“Berhati-hatilah dalam beraktivitas di dunia maya. Jangan sembarangan memberikan alamat emailmu”

Begitulah pesan yang akan saya sampaikan ke dia. Eh nyatanya yang paling ceroboh itu adalah SAYA.

TERIMA KASIH YAA UDAH HACK EMAIL SAYA… ^^

*ngomong sendiri*

Wassalam

Berawal dari Ekor Cicak

Assalamu’alaykum wr wb

Source: Bingonblog

Manakah yang benar, lizardman adalah manusia kadal atau manusia cicak? Manusia cicak atau manusia kadal? Apakah lizardman punya ekor? Bisakah ekornya putus dan bergerak sendiri?

Kami tidak sedang mendiskusikan makhluk melata itu ketika menutup toko. Kakakku bertanya bahwa kenapa ketika seekor cicak yang ekornya telah putus masih bisa bergerak-gerak tak seperti ekor hewan lain?

Saya diam saja, menunggu beliau mengulangi pertanyaan. Saya menduga ia bermaksud menguji saja.

Tak ada pertanyaan ulang. Berarti beliau serius.

“Itu karena kakak melihat dengan mata”jawabku pelan

Kakak: “…………..”

“Ya mata telah tertipu oleh otak sehingga yang terlihat adalah ekor putus itu benar-benar meronta. Cobalah melihat dengan mata hati” tambahku lagi

Kakak: “…………….”

“Jangan bilang kita ga bisa melihat dengan hati. Om Maran pernah mengendarai motor dari Limau Puruik sampai Sikapak dengan mata tertutup kain hitam. Tebak dia melihat pake mata siapa?”

“Jadi ekor cicak itu sebenarnya diam tak bergerak. Mata ku telah keliru……..”

Saya mengambil gembok kemudian mengunci pintu toko. Kakak terlihat mondar-mandir

“Nafsu dan emosi kerap menghapus kecerdasan dan menutup mata hati. Nafsu adalah angin ribut yan meniup lentera jiwa” Saya mulai (sok) bijak. Entah dari toko siapa saya menemukan kalimat itu.

bersambung…..
(vm)

Wassalam

10 Hal Unik Tentang Riyan

Assalamu’alaykum wb wb

About Me

*hening*

Suer dah… Saya tak punya kata-kata pembuka yang indah demi kualitas tulisan ini. Jujur saya terpaksa menulisnya. Apapun yang tersaji nantinya saya tetap berharap semua itu benar-benar berasal dari pemikiran (cemerlang) saya sendiri. Bukan dari Uni Alfi, mentor yang embidani lahirnya maha karya berantai ini. Hmm..

1. Cokelat dan Bubble Gum
Cokelat oh Cokelat
Saya sangat menyukai 2 item ini. Kenapa? Coba tanya sama Mbak Nunung (suer deh bukan nama sebenarnya), pemilik kios di dekat terminal. Dia adalah pemasok tunggal! Tanpa bicara pun dia akan segera menyuguhi benda-benda unik itu setiap pagi sebelum saya sarapan. Dalam keadaan sadar, saya pernah mendengar dia ngatain saya ANAK KECIL atas orientasi konsumsi (?) saya tersebut. Apakah Uni Alfi juga anak kecil? Trus apanya yang kecil? Eh..

2. Disorientasi Akademik
Gimana cara jelasinnya ya? Yang pasti saya mahasiswa akuntansi yang lebih mencintai dan mendalami IT. Kayak web design (CSS, HTML, BB Code) dan teknik hack. Serius? Ga lah cuma otodidak doang. Bahkan akhir-akhir ini saya mulai menyukai politik dan hukum.

3. Social Network
Saya seorang Koproller, bukan Facebooker, Kaskuser, Tweep ataupun GooglePluser (?)

4. Outsider
Semacam Man at the Match, People of the Year gitu deh.. Bahasa sederhananya, pria yang berada di balik layar. Sosok saya tak terlihat dalam ratusan foto di album keluarga.

5. Moody
Mereka bilang cowok cancer kebanyakan begitu. Kayak cuaca di daratan khatulistiwa. Dan aneh! Ah menganalisis sifat cowok berdasarkan zodiak itu mah ga ilmiah. Hmm..

6. Strange Me
Ya.. Membuat sub judul pake b.inggris hanya mempermalukan diri sendiri. Saya selalu yakin mengenal banyak orang namun banyak orang tak mengenal saya. Jadi ketika memulai percakapan dengan orang yang baru, saya kerap melihat tulisan di dahinya yang berbunyi, “Siapa sih loe?”.

(Pernah terjadi saat pertama kali mengenal Uni Alfi :-D)

10. PELIT
Ini kata general. Kalo dijabarin jadinya gini, pelit ngomong, pelit ngomong dan pelit ngomong (baca: cool)

The End

*keringatan*

Menindaklanjuti peraturan pr ini dari Uni Alfi ini dimana saya harus mentag kepada 10 blogger lain, maka saya persilahkan baca kembali poin 6, 8 dan 10. So let the mercy comes and wash away what i’ve done..

__
nb: Ditulis via ponsel dan harus break selama 15 menit demi menjemput nasi. Anggap saja ini penting.

Wassalam